Pendidikan Fisika UIM, Gelar Taman Sains di SMK Al – Falah Dempo Barat Pasean Pamekasan

Pamekasan, fkip.uim.ac.id. Himpunan Mahasiswa Program Studi (HIMAPRODI) Epsilon Pendidikan Fisika Universitas Islam Madura (UIM) gelar acara Taman Sains di SMK Al-Falah Dempo Barat Pasean Pamekasan. (23/07/2022)

Kagiatan ini diikuti oleh siswa/i SMK Al – Falah Dempo Barat Pasean dengan ketentuan 20 siswa dan 35 siwi. Jumlah total keseluruhan siswa yang ikut taman sains ini sebanyak dengan 55 orang dan didampingi juga 12 mahasiswa pendidikan fisika UIM.

Fathatur rahmah selaku ketua Himaprodi Epsilon Pendidikan Fisika UIM, mengatakan, kegiatan Taman Sains ini dilaksanakan sebagai upaya untuk meningkatkatkan semangat dan motivasi siswa/i dalam belajar. Apalagi mahasiswa sebagai calon pendidik, ia harus mampu menciptakan trend sendiri sebagai pelopor terhadap perubahan dalam ekosistem pendidikan.

“Tujuan taman sains disini tidak ada lain, kecuali untuk meningkatkan semangat dan motivasi siswa/siswi dalam belajar sehingga nantinya dapat melahirkan insan yang cerdas,kreatif dan inovatif. Selain itu, kita sebagai mahasiswa harus mampu menjadi pelopor dan penggerak dalam dunia pendidikan, karena tujuan pendidikan akan berhasil apabila ada sentuhan dari berbagai elemen masyarakat, temasuk didalamnya mahasiswa itu sendiri.” Ungkapnya.

Senada dengan hal tersebut, Nurul Aulia selaku kordinator taman sains juga mengatakan bahwasannya pendidikan dan pendidik adalah ikan dan airnya. Keduanya harus berbaur agar tidak kehilangan fungsi utamanya. Karena pendidikan yang tidak ditangani oleh pendidik yang baik, tujuan pendidikan tersebut hanyalah angan – angan dan mimpi tanpa tertidur, begitu pula dengan minimnya semangat siswa/i dalam belajar.

“Tingginya pemahaman spesifikasi ilmu dan kulitas siswa dalam belajar juga dipengaruhi oleh faktor guru. Kepiawaian guru dan kekreativitatasannya dalam mengjar, sangat menentukan terhadap proses belajar. Dengan adanya taman sains ini, diharapkan agar tidak ada sekat antara guru dan siswa, guru dan siswa harus mampu berbaur layaknya orang tua dan anak.” Ungkapnya.

Bapak Sumli, S.Sos selaku guru dan pembina osis di SMK Al – Falah merasa senang sekali dengan adanya taman sains ini. Selain ada pengalaman baru, siswa yang biasanya pemalu cenderung lebih aktif dari biasanya, bahkan ia berharap agar bisa berjumpa kembali bila ada waktu.

“Saya sangat bersyukur dan senang sekali dengan adanya taman sains ini, karena adanya turun lapangan secara langsung oleh adek-adek mahasiswa yang juga merupakan calon guru, memberikan dampak positif terhadap keaktifan siswa. Saya lihat, siswa yang cenderung pemalu didalam kelas, saat ini lebih aktif dari hari biasanya. Artinya ada respon positif dari siswa terkait adanya taman sains ini. Semoga di lain waktu, SMK Al – Falah Dempo Barat Pasean, dapat bertemu kembali. Tuturnya. (Muhammad Hasbullah).

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *